Senin, 20 Mei 2019

Tari Parebut Seeng

                       
(Sumber Foto : indotravelers.com) 

  Jadi gini teman teman kali ini saya akan membahas tentang Kesenian Tari Parebut Seeng.kita langsung bahas saja.

Tari Parebut Seeng  itu seni pertunjukan yang bersifat presentasi estetis, ide garapannya juga dilatarbelakngi oleh upacara adat Parebut Seeng yang bersifat ritual yang bertempat di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Nah Dulunya itu pertunjukan seni ritual, dimana aspek - aspek  pertunjukan kurang diperhatikan. Pesilat yang berperan dalam Parebut Seeng hanya dua orang laki-laki, dan iringan musik pun menggunakan alat musik yang selalu digunakan untuk pencak silat.Kedua petandangMereka maju ke kalangan, memasang kuda-kada dan sebelum mereka beradu ketangkasan, terlebih dahulu mereka sambil memperlihatkan jurus-jurus silatnya. Setelah itu mereka beradu ketangkasan dengan cara saling pukul, saling tendang, dan masing-masing berusaha untuk menangkis dan menghindar setiap serangan lawan. Jawara Yang satu berusaha untuk mempertahankan seeng yang digendong dan Jawara yang satunya lagi berusaha untuk merebutnya. Pergulatan itu akan berakhir jika Jawara dari salah satu pihak yang berusahacalon pengantin wanita dapat merebut menyentuh seeng tersebut. dapat menyentuh seeng yang digendong di punggung salah seorang pesilat. 
Jika seeng telah dapat direbut atau ditepak, maka pergulatan dihentikan dan acara pun dilanjutkan dengan seserahan, yakni menyerahkan calon pengantin pria dan seluruh barang yang dibawaannya pihak calon pengantin pria kepada pihak calon pengantin wanita. Barang-barang yang dibawa antara lain berupa makanan yang ditandu dalam dongdang, alat-alat dapur, pakaian, kambing, kayu bakar, sirih-pinang, dan sebagainya. Setelah itu barulah akad nikah dilaksanakanmulai. 
Setelah akad nikah selesaidilaksanakan, biasanya dilanjutkan dengan ngeuyeuk seureuh, dan sawer panganten, yang kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan berupa tari-tarian Pencak Silat gaya aliran Cimande. Sangat berbeda yah guys dengan bentuk penyajian seni pertunjukan Parebut Seeng saat ini.  Bentuk penyajian seni pertunjukan Parebut Seeng dibawakan secara berkelompok oleh penari laki-laki dan penari perempuan guys, dengan membawa seeng. Dengan iringan musik gamelan berlaras salendro, dan musiknya lebih meriah. Ini berarti, penyajian seni Pertunjukan Parebut Seeng merupakan seni pertunjukan yang tidak menghilangkan kekhasan dari kesenian tersebut, yaitu Seeng. 
         Ada juga Busana nya yang digunakan pada Tari Parebut Seeng yang bersifat ritual seadanya loh guys. Sedangkan dalam seni pertunjukan Parebut Seeng saat ini, rias digunakan dalam upacara adat Parebut Seeng menggunakan kampret, pangsi, dodot dan iket. Sedangkan pada seni pertunjukan 57 Parebut Seeng saat ini adalah busana tradisional rakyat yang dimodifikasi. Ini dapat terlihat dari penggunaan warna, dan busana yang dipakai. Mengingat banyaknya seni tradisi yang berkembang di masyarakat, seyogyanya para pelaku seni terus mengembangkan pengemasan tari yang berpijak dan berakar pada seni tradisional yang berkembang di Sukabumi, demi mengupayakan pelestarian seni tradisi yang masih bisa diperkenalkan, meskipun dalam kemasan yang berbeda. Selain itu, diharapkan pengemasannya yang akan datang lebih modern, sehingga generasi muda tertarik dan mau melestarikan bentuk-bentuk tari yang lainnya. Selain itu peran pemerintah, khususnya Pemerintah Sukabumi setempat senantiasa memberikan motivasi kepada masyarakat luas, seniman, serta lainnya, agar mau melestarikan seni tradisi setempat salah satunya dengan mengemas seni tradisi tersebut menjadi bentuk seni pertunjukan. Mengingat banyaknya lembaga pendidikan formal, seyo gyanya mau mendukung dalam melestarikan Parebut Seeng khususnya seni tari tradisional yang ada di Jawa Barat untuk diterapkan sebagai materi bahan ajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). 
       Tarian ini karya Rudi Kurniawan dan Toto Surgiarto dengan penata gending Ujang Hendi dari Sanggar Anggitasari. Tarian ini pertamakali digelar pada acara Feestival Tari Kreasi Tingkat Profesial Jawa Barat tahun 2004, telah meraih juara umum untuk wakil ke parade Tari Nusantara.  Kesenian Tari Parebut Seeng Merupakan salah satu kesenian yang besifat ritual yang dilatarbelakangi oleh Upacara Adat dan tariannya juga,  diiringi oleh musik Gamelan yang berlaras Salendro dan dipakai untuk acara Pencak Silat.
Nah......jadi gitu guys itulah kesenian Tari Parebut Seeng semoga bermanfaat yah...sekian dan terimakasih.
Penulis : Ragil Isnu Muharram (18123033) 
Sumber: https://www.inisukabumi.com/2014/04/tari-parebut-seeng.html?m=1
 Sumber Foto : indotravelers.com

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus