Sabtu, 11 Mei 2019

KESENIAN CALUNG



(koleksi chanel you tobe kang Yayan jatnika) 

Hallo people kali ini ada yang unik nihh hehehe..  Di baca yaa.. 
Calung terbuat dari bambu coklat kehitam hitaman atau yang disebut dengan bambu hitam. Kalau dalam Bahasa sunda “awi hideung” oleh karena itu calung terbuat dari awi wulung. Wulung itu dalam Bahasa Indonesia hitam. Dulu,sepertinya jika dalam Bahasa sunda yaitu di ti’ir menggunakan tambang,dan diikatkan kepohon lalu seblahnya diikatkan ke pinggang. Permainannya itu ditabuh hanya oleh satu orang/sendiri. Sambil ditabuh seperti gambang. Sekedar untuk menghibur diri/ perlipur lara disaatsetelah lelah bekerja. Dahulu,calung tidak berbentuk seperti sekarang ini. 


Kita angkat dari seorang legendaris calung yang akhirnya di beri gelar sebagai “Raja Calung” oleh masyarakat hingga diberi gelar oleh Universitas Padjadjaran tahun 2009 digelari “THE PENOMENON” dan yang diberi gelar sebagai Raja Calung THE PENOMENON ialah alm. “DARSO HENDARSO” mengapa beliau diberikan gelar sebagai THE PENOMENON? Karena beliau orang yang sangat fenomenal dari keberhasilannya merintis calung dan tidak tergoyahkan oleh kakaknya yang sekaligus pencipta lagu “UKO HENDARTO” beliau mendirikan calung itu tahun 1968 yang bernama Layung Sari. Dulu menghibur dari kampung ke kampung sampai akhirnya calung itu dikomersialisasikan dengan berbentuk hiburan,sering dipanggil dalam hajat hajatan serta tahun 70an diperdagangkan lewat kaset kaset pita,kaset cd,dan kepanggung panggung. Dalam Layung Sari tersebut penata gendingnya ialah Uko Hendarto kakaknya. Di daerah kampung cibarengkok kecamatan sukajadi yang sekarang menjadi jalan Pasteur doktor junjunan dan disitulah berdiri “Layung Sari”.  Guys kenal Darso??? Pasti dong..  Banyak karya juga liat aja di youtube banyak lohhh..  Hihi

  Dulu, pertunjukan calung itu dulunya sebagai media hiburan,sering disempilkan sempal guyon/lawakan lawakan dan melihat dari perkembangan masa ke masa pertunjukan calung semakin booming sekali apalagi ketika telah banyak kaset kaset dan cdcd calun,juga panggungan hingga ke beberapa daerah jawabarat. Perkembangannya sangat pesat dan ditampilkan oleh seorang legendaris  calung sampai sangat laris ke pelosok pelosok daerah terpencil. Dan bukan hanya di panggung saja,calung pun sering digunakan dalam ceremonial ceremonial atau acara event besar. Dan sekarang calung tidak hanya di kampung kampung saja. Seperti event pemerintahan dll. Perkembangan sekarang ada penambahan waditra seperti bas gitar melody suling saxophone dll,tetapi lebih didominankan calung. Pertunjukan calung,di modifikasi dan di modernisasikan.  
Calung itu pernah merajai disetiap pertunjukan apalagi di hajatan hajatan. Pertunjukannya tidak hanya siang,calung pun bisa di tampilkan pada malam hari dan justru lebih sering ditampilkan pada malam hari. Lalu perkembangan calung dilanjutkan pada tahun 1963, bentuk permainan dan tabuhan calung lebih dikembangkan lagi oleh kawan kawan dari Studiklub Teater Bandung (STB; Koswara Sumaamijaya dkk) dan diantara tahun 1964-1965 calung lebih dimasyarakatkan lagi oleh kawan kawan di UNPAD sebagai seni pertunjukan yang bersifat hiburan dan informasi (penyuluhan (Oman Suparman,Ia Ruchiyat,Eppi K., Enip Sukanda,Edi,Zahir,dan kawan kawan) 


Perkembangan kesenian calung begitu pesat di jawa barat,bentuk kreatifitas dalam seni pertunjukan calung semakin bervariasi dengan beberapa menambahkan alat music dalam calung,misalnya kosrek,kecapi,piul(biola) dan bahkan ada yang melengkapi dengan keyboard dan gitar. Unsur vokal menjadi sangat dominan,sehingga banyak bermunculan vokalis calung terkenal seperti Adang Cengos dan Hendarso. Pengen liat video nyaa..  Langsung aja ke chanel you tobe kang Yayan jatnika okeeeeeeee......  Guys.... 


Penulis : Muhammad Bielsha Rizhan Jatnika ( 18123040) 
Sumber : Yayan Jatnika 
Koleksi photo dan video : Yayan jatnika 

2 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus