Minggu, 28 April 2019

Gondang Buhun




GONDANG BUHUN

         Hallo kawan-kawan, disini saya akan membahas apa itu Kesenian Gondang Buhun. Gondang Buhun merupakan salah satu jenis tradisi berupa seni tatabuhan  yang berasal dari Kampung adat Kuta,Ciamis Jawa Barat yang tidak terdapat pada daerah lain. Dalam pelaksanaannya itu seluruh pemain Gondang Buhun ini semuanya harus perempuan sebagai pemukul lesung (gondang) yang juga merangkap sebagai juru kawih (sinden). Alat yang digunakan adalah halu biasanya tingginya mencapai 2 meter, dan lisung yang panjangya 2,5 meter. Nah, biasanya lisung tersebut diisi dua ikat padi  atau masyarakat kampung kuta biasa menyebutnya dua geugeus pare. Tapi dalam kesenian Gondang yang ditampilkan dalam Upacara Adat Nyuguh kali ini tidak menggunakan padi.dalam Upacara Adat Nyuguh kali ini tidak menggunakan padi. Kesenian Gondang selalu diadakan setiap kali pas ada hajatan baik itu pernikahan maupun khitanan. kesenian ini diadakannya diasaat waktu pagi buta para ibu-ibu yang ada dikampung Kuta menumbuk padi menggunakan dengan menggunakan lisung dan halu. Dan halu yang dipukulkan ke lesung sambil menumbuk padi hingga menjadi beras.
    Nah, ada juga pola permainannya yaitu tutunggulan. untuk tutunggulan dalam Gondang Buhun terdapat empat  jenis tutunggulan yang terdiri dari ;
Galuntang, dimainkan oleh 4 atau lebih sebagai pembuka dan penutup pertunjukan.
Pingping Hideung, dimainkan oleh 4 orang
Cingajengan, dimainkan oleh 5 orang
Angin-Anginan,dimainkan oleh 7 orang

Adapun Motif tumbukan atau tabuhan yang berbeda-beda itu kemudian dipadukan sehingga membentuk sebuah komposisi irama yang terdiri dari: 
Turun unggah
Tilingting 
Onjon
Kutek
Titir 
Ambruk
Dongdo 
Gejog

Jadi begitu kawan-kawan....itulah Budaya Kesenian Jawa Barat yang hampir punah.nah...agar budaya dan kesenian tersebut tidak mengalami kepunahan maka kita sebagai anak bangsa Indonesia  dan juga sebagai penerus bangsa Indonesia harus bisa melestarikan Budaya dan Kesenian Indonesia.Banyak cara untuk melestarikan Budaya dan Kesenian di Indonesia seperti mendirikan Sanggar-Sanggar Budaya pada institusi pendidikan dapat menumbuhkan minat untuk mempelajari dan mencintai kebudayaan sendiri. Bukan hanya itu,ada juga dana khusus untuk mengadakan suatu pergelaran atau pertunjukan juga sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan masyarakat akan keberadaan kesenian dan kebudayaan indonesia. Jika kita ingin kebudayaan Indonesia khususnya Jawa Barat tetap ada, tidak punah dan diakui oleh negara luar, maka kita juga harus berusaha dan bekerja sama dalam menjaga serta melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia.
Mungkin hanya segitu ya kawan-kawan semoga bermanfaat terima kasih....
Penulis : Ragil Isnu Muharram
Keterangan Foto :
Kesenian Gondang Buhun (Foto: www.diciamis.com/labels/gondang-buhun)
Sumber : www.diciamis.com/labels/gondang-buhun

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus